PENGERTIAN BAGIAN – BAGIAN KOMPUTER
Di dalam
komputer terdapat 3 unsur yang terikat antara satu dengan yang lain. 3 komponen
tersebut adalah Hardware, Software dan Brainware.
Hardware / Perangkat Keras :
Ada 4 unsur,
yaitu :
1. Perangkat
yang tergolong Input Device (berfungsi memasukkan)
2. Perangkat
yang tergolong Process Device (berfungsi memproses setelah ada
yang masuk)
3. Perangkat
yang tergolong Output Device (berfungsi mengeluarkan hasil)
4. Perangkat yang tergolong
Media Penyimpanan (berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukkan)
Catatan :
Untuk memahami ke-4 unsur tersebut silahkan dibaca file Buku Sekolah
Elektronik (BSE) Mata Pelajaran TIK atau kunjungi situs : www.kemendiknas.com
Software / Perangkat Lunak
Ada 2 unsur,
yaitu :
1. Software
system / operating system / program sistem
Software ini
merupakan program awal dari sebuah komputer dan berfungsi sebagai pintu masuk
dari program aplikasi. Program aplikasi tidak bisa dijalankan jika sebuah
komputer tidak memiliki program sistem. Ada berbagai macam program sistem,
namun yang terkenal di Indonesia dan sering dipakai oleh banyak kalangan antara
lain : Microsoft Windows, Linux dan Macintos (Mac OS).
2. Software
application / program aplikasi
Ada banyak ragam
yang terdapat pada program aplikasi. Ada beberapa peneliti software yang
membagi dengan banyak istilah. Di sini untuk memudahkan mempelajarinya, penulis
membagi program aplikasi menyesuaikan materi yang dipelajari di tingkatan
sekolah yaitu antara lain :
a. Program
Aplikasi Pengolah Kata
Program yang
berhubungan dengan pengolahan kata/kalimat dan sebagainya. Contohnya antara
lain : Microsoft Word, OpenOffice Writer, WordPad, Notepad dll.
b. Program
Aplikasi Pengolah Angka / Spreadsheet / Lembar Sebar
Program yang
berhubungan dengan pengolahan angka/bilangan dan sebagainya. Contohnya antara
lain : Microsoft Excel, OpenOffice Calc, Lotus 123, MYOB, SPSS, dll.
c. Program
Aplikasi Pengolah Presentasi
Program yang
berhubungan dengan presentasi atau pemaparan hasil kerja. Contohnya antara lain
: Microsoft Power Point, OpenOffice Impress, Flash, Apple Keynote, dll.
d. Program
Aplikasi Pengolah Grafis
Program yang
berhubungan dengan design grafis, misalnya menggambar maupun mengolah foto.
Contohnya antara lain : Paint, Adobe Photoshop, Corel Draw, Photo Editor, Gimp,
dll.
e. Program
Aplikasi Multimedia
Program yang
berhubungan dengan mendengarkan musik, membuat file animasi, menonton video dan
lain sebagainya. Contohnya antara lain : Winamp, Windows Media Player, Power
DVD, Gom Player, FLV Player, dll.
Catatan :
(untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs : www.dytoshare.us)
PEMBAHASAN MATERI TIK KELAS 7 SEMESTER II
A. Perangkat Keras Komputer
1. Mengenal
komponen pokok perangkat keras komputer.
2. Mengenal
berbagai macam alat tambahan dalam komputer.
Catatan :
Untuk penjabaran materi di atas silahkan dibaca file Buku Sekolah
Elektronik (BSE) Mata Pelajaran TIK atau kunjungi situs : www.kemendiknas.com
B. Perangkat Lunak Komputer
1. Mendefinisikan
perangkat lunak (software).
2. Mendeskripsikan
perangkat lunak (software) dan kegunaannya.
3. Memahami
kegunaan dari beberapa program aplikasi.
Catatan :
Untuk penjabaran materi di atas silahkan dibaca file Buku Sekolah
Elektronik (BSE) Mata Pelajaran TIK atau kunjungi situs : www.kemendiknas.com
C. Pemakaian Program Aplikasi Pengolah Kata
1. Menjalankan
Microsoft Word 2007 (Bagian I)
a. Mengenal Bagian Lembar Kerja Word 2007
b. Menggunakan Menu dan Membuka Dokumen Baru
2. Membuat
dokumen sederhana di Microsoft Word 2007 (Bagian I Lanjutan)
a. Membuat
Sebuah Naskah dan Mengatur Format Halaman
b. Menyimpan
Dokumen
c. Membuka
Dokumen
d. Menutup
Dokumen
3. Mengedit
dokumen di Microsoft Word 2007 (Bagian II)
a. Mengedit Naskah/Dokumen
1) Dasar-dasar
Editing
2) Tampilan
Dokumen (View Document)
3) Menyeleksi/Memblok
4) Copy
dan Paste
5) Cut
dan Paste
6) Format
Painter
7) Menghapus
8) Format
Painter
9) Menghapus
b. Format Paragraf / Text (Bagian III)
1) Format
Font
2) Format
Bentuk Paragraf
3) Mengatur
Tabulasi (Tab Stop)
4) Bullets,
Numbering and Multilevel List
5) Header
dan Footer
6) Mewarnai
Paragraf (Shading)
7) Mewarnai
Text
8) Mewarnai
Huruf
c. Naskah / Document Bentuk Kolom Koran (Bagian IV)
d. Membuat Tabel (Bagian V)
e. Surat Masal / Mail Merge (Bagian VI)
f. Memberi Variasi Pada Naskah (Bagian VII)
1) Menyisip
Clip Art
2) Menyisip
Word Art
3) Menyisip
Gambar/Photo
4) Menyisip
Shape
5) Menyisip
Rumus Matematika (Equation)
6) Menyisip
Simbol
7) Menyisip
Drop Cap
8) Menyisip
Text Box
g. Border dan Shading (Bagian VIII)
4.
Mencetak dokumen yang telah dibuat dengan menggunakan Microsoft Word (Bagian
IX
Tidak ada komentar:
Posting Komentar